FAQ Ujian Standarisasi Bekam Nasional Dan Keanggotaan Asosiasi Bekam Indonesia 2015

FAQ Ujian Standarisasi Bekam DPD ABI DKI Jakarta,

Assalamu'alaikum wr. wb.

Sehubungan dengan beberapa pertanyaan dari calon peserta ujian standarisasi Dpd Abi Dki Jakarta, dengan ini kami share sedikit pertanyaan yang paling sering ditanyakan.





1. Apa itu ujian standarisasi bekam ABI?

>>> Ujian standarisasi bekam ABI adalah ujian suatu program untuk menuju kesetaraan SOP pelayanan di seluruh layanan bekam yang diselenggarakan oleh anggota ABI.





2. Menurut info yang saya dapat, layanan bekam antar anggota ABI saja berbeda-beda. Apakah itu yang dinamakan standart?

>>> Ya, itu memang betul. Kalaupun layanan itu berbeda-beda, mereka pasti punya SOP yang sama hanya saja ditambah dengan metode pengembangan yang mereka pelajari atau mereka dapatkan dari pengalaman.





3. Apa manfaat/fungsinya untuk saya?

>>> Banyak sekali manfaatnya, diantaranya yaitu :

*Meningkatkan mutu pelayanan kepada pasien atau client Antum dengan pelayanan yang sesuai SOP,

*Bisa meminta rekomendasi untuk pembuatan STPT ke dinas kesehatan setempat,

*Mendapat bimbingan dari pengurus setempat,

*Mendapat bantuan hukum jika diperlukan,
dan masih banyak lagi manfaatnya.





4. kalau begitu, bagaimana cara saya mendaftarkan diri?

>>> Silakan mendaftarkan diri ke tempat-tempat yang tertera dalam brosur atau klik disini www.abijakarta.or.id





5. Apa persyaratannya?

>>> -Mengisi formulir (pada hari pelaksanaan)

a. Menyerahkan :

*Fotocopy KTP 2 lbr

*Fotocopy sertifikat bekam 2 lembar

*Pas foto 3x4 (4 lbr)

*Fotocopy data rekap pasien sebanyak 30 orang yg meliputi : nama, alamat, keluhan, diagnosa, titik bekam & saran untuk pasien (rekap data dijilid rapi)

b. Membawa peralatan lengkap pada saat ujian praktek



c. Membayar biaya administrasi sebesar Rp. 750.000,- (Sesuai hasil keputusan Rakernas pada tanggal 27-29 Mei 2014 di Gedung BKK, Semarang)
d. Membawa peralatan lengkap pada saat ujian praktek (terlampir di bawah)
e.  Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah (standart minimal usia profesi)


6. Bagaimana kalau tidak memiliki sertifikat pelatihan?

>>> Mohon maaf kami belum bisa membantu karena sertifikat pelatihan adalah bukti Antum pernah mengikuti pelatihan & termasuk salah satu syarat untuk mengikuti ujian ini. Saran kami, ikutlah pelatihan yang diadakan LKP resmi sampai mendapatkan sertifikat pelatihan, setelah itu baru ikut ujian standarisasi. Info pelatihan bisa dilihat disini





7. Kapan ujiannya dilaksanakan?

>>> Insya Allah DPD ABI DKI Jakarta menyelenggarakan ujian standarisasi 2x dalam satu tahun. Tahun 2015 ini akan diselenggarakan :

- Angkatan VIII tanggal 14 s.d 15 Maret 2015 di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) DKI Jakarta, Jl. Nangka No.60, Jagakarsa, Jakarta Selatan,

- Angkatan IX tanggal 5 s.d 6 September 2015 ;




8. Persyaratan ini apakah boleh diserahkan pada hari pelaksanaan?

>>> Persyaratan diserahkan kepada panitia maksimal 1 pekan sebelum pelaksanaan. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah panitia menyiapkan kebutuhan para peserta dan untuk mengecek kelengkapannya.





9. Berapa lama kegiatan ini berlangsung dan apakah dari luar daerah boleh ikut?

>>> Dua hari.

Boleh, kerena ujian standarisasi bekam Asosiasi Bekam Indonesia bersifat nasional.



10. Dimana tempatnya?

>>> - Angkatan VIII tanggal 14 s.d 15 Maret 2015 di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) DKI Jakarta, Jl. Nangka No.60, Jagakarsa, Jakarta Selatan,

- Angkatan IX tanggal 5 s.d 6 September 2015 info menyusul;




11. Kemana saya harus melakukan pembayaran?

>>> Lakukanlah pembayaran hanya ke nomor rekening yang tertera dalam brosur (No. rek. 129-00-1050368-4 Bank Mandiri a.n Imas Purnamasari) atau email balasan dari dpdabidki@gmail.com atau jakarta.abi.or.id .

Sebaiknya konfirmasikan pembayaran kepada Humas sebelum dan sesudah melakukan transfer via WA / SMS : 089 660 335 008, BBM : 524F5C41



12. Apa saja yang harus saya bawa nanti?

>>> -Perlengkapan ujian yang harus dibawa :
Kop, Pompa, Scapel & bisturi atau Lancing & Lanchet, Sarung Tangan, Masker, Clemek (apron), Minyak Herbal, Alkohol 70% / 96%, Nier Bekken, Tempat Sampah,
-Alat Tulis & Clip Board (alas tulis),
-Jangan lupa membawa kebutuhan pribadi untuk 2 hari (pakaian, peralatan mandi dan lainnya)
-Untuk makan malamnya bebas makan diluar.




13. Berkas persyaratan dikirim kemana?

>>> Persyaratan dikirim ke alamat Sekretariat DPD Asosiasi Bekam Indonesia DKI Jakarta :

Gedung Graha Mutiara

(Gedung B) Jl. Basuki Rahmat No.09,

Pondok Bambu, Jakarta Timur 13430

Telp. 021-8660 4476

Website : www.abijakarta.or.id



Jika ada yang perlu ditanyakan, silakan hubungi :Humas DPD ABI DKI Jakarta

WA & SMS : 089 660 335 008

BBM : 524F5C41

Bendahara

WA & SMS : 0877 8273 2821

Sekretaris

WA & SMS : 0896 4329 6853

BBM : 282DD1CE





Klik gambar untuk mendaftar sebagai calon peserta ujian

0 Response to "FAQ Ujian Standarisasi Bekam Nasional Dan Keanggotaan Asosiasi Bekam Indonesia 2015"

Posting Komentar

Apa pesan dan kesan Anda atas postingan Kami?